UPTD PENDIDIKAN KECAMATAN TOROH DINAS PENDIDIKAN KABUPATEN GROBOGAN

Rabu, 20 Agustus 2014

Download Kartu-Kendali-Validasi.docx

Berdasarkan Prosedur Operasional Standar (POS) Akreditasi Sekolah/Madrasah, kegiatan visitasi merupakan salah satu implementasi dari 15 langkah pelaksanaan akreditasi di sekolah/madrasah, yaitu langkah ke-9 (sembilan). Rasional dari pelaksanaan dimaksud bahwa sekolah yang telah ditetapkan oleh BAP S/M untuk diakreditasi harus divisitasi. Visitasi adalah kegiatan verifikasi dan klarifikasi isian instrumen akreditasi, data, dan dokumen pendukung, serta observasi terhadap kondisi obyektif sekolah. Waktu kegiatan yang telah ditetapkan dalam kegiatan visitasi selama 2 (dua hari di sekolah/madrasah.

Ruang lingkup dari pelaksanaan visitasi sebagai bentuk tanggunggjawab dan wewenang asesor meliputi : 1) verifikasi isian instrumen akreditasi, data, dan dokumen pendukung; 2) observasi terhadap kondisi obyektif di sekolah; 3) klarifikasi temuan-temuan dalam visitasi; 4) memasukkan hasil visitasi ke dalam soffware; 5) membuat berita acara visitasi; 6) menyerahkan laporan hasil visitasi; 7) foto sarana dan prasarana sekolah, kegiatan sekolah, dan kegiatan visitasi. Disamping itu, asesor juga harus menyerahkan kartu kendali validasi proses visitasi kepada kepala sekolah/madrasah.

Kegiatan visitasi dilakukan melalui observasi lapangan, observasi kelas, wawancara dengan warga sekolah/madrasah dalam rangka klarifikasi verifikasi, serta validasi terhadap data dan informasi yang diberikan oleh sekolah/madrasah melalui evaluasi diri tanpa meninggalkan kode etik asesor.

Hasil Kegiatan visitasi yang berupa laporan hasil visitasi diserahkan kepada BAP-S/M melalui UPA-S/M setempat, berupa :
1.  Surat Pernyataan Kepala Sekolah/Madrasah tentang Pelaksanaan Visitasi.
2.  Surat Pernyataan Asesor tentang pelaksanaan tugas vusutasi
3.  Kartu kendali validasi proses visitasi
4.  Laporan Individu
5.  Laporan Tim Asesor/Kelompok
6.  Penentuan nilai akhir akreditasi sekolah/madrasah
7.  Rekomendasi
8.  Foto sarana dan prasarana, kegiatan sekolah/madrasah, dan kegiatan visitasi
9.  Softcopy file data sesuai format pendataan.



Download Kartu-Kendali-Validasi.docx in Ziddu: Download Kartu-Kendali-Validasi.docx in Ziddu

2 komentar:

  1. mas didik makasih data saudara sangat membantu tugas asesor pemula

    BalasHapus
  2. mas didik makasih data saudara sangat membantu tugas asesor pemula

    BalasHapus